Buku Baru @Filecaknur: Satu Menit Pencerahan Nurcholish Madjid



Telah terbit sebuah buku. Buku yang yang mungkin sudah lama ditunggu. Judulnya @Filecaknur: Satu Menit Pencerahan Nurcholish Madjid, kini beredar beredar di toko buku.. Buku ini merupakan obat bagi mereka yang rindu Cak Nur, seorang anak bangsa yang terbesar, dengan kontribusi yang tak kalah besarnya. Buku ini berisi pesan yang amat penting dalam rangka merawat kemajemukan Indonesia.

Nurcholish Madjid mustahil dipisahkan dari pembicaraan tentang Islam di Indonesia, bahkan tentang Indonesia secara keseluruhan. Cak Nur adalah sosok cendekiawan tanpa pamrih. Dengan keberanian moralnya yang nothing to loose, dia tampil dengan gagasan segar. Kalau pun dicitrakan sebagai sosok kontroversial, ia memaklumi. Baginya kontroversi semacam hukum alam yang tak bisa dielakkan.

Nurcholish adalah contoh par excellence bagi wajah kaum Muslim santri, kelompok terbesar rakyat Indonesia. Ia memulai gerakan pembaruan pemikiran’ pada awal ‘70-an, memprakarsai pendidikan kultural bagi pembentukan kelas menengah kota yg lebih religius. Pemikiran Cak Nur ikut mendorong demokratisasi di Indonesia, terus-menerus membakar bara transformasi dalam tubuh bangsa ini.

Buku ini merekam berbagai aspek pemikiran Nurcholish Madjid. Sebagian berasal dari @fileCaknur dan sebagian lagi kutipan asli pemikirannya. Buku ini didisain dengan satu entri dapat dibaca satu menit.. Membaca satu entri akan dirasakan “one minute enlighment (pencerahan satu menit). Satu entri mana pun yang anda baca, akan meraih pencerahan pikiran. Selamat membaca..

0 komentar: